Kamis, 11 Desember 2008

UMAR BIN KHATAB

Umar bin Khatab adalah khalifah Islam yang sangat disegani,tegas dan tidak sombong.Walaupun ia adalah orang yang sangat penting,namun ia tak penah sedikitpun merasa sombong dan merendahkan orang lain yang derajatnya rendah.Ini terbukti dengan cerita singkat yang sangat mengharukan ini.
Suatu hari,Umar yang ditemani pembantunya pergi bersama menuju ke Baitul Maqdis,dengan menunggang seekor unta.Sebelum berangkat Umar dan pembantunya membuat perjanjian bahwa,saat berangkat yang menunggang unta terlebih dahulu adalah Umar,sedang di tengah perjalanan sebelum sampai di tujuan nanti giliran pembantunya yang menunggangnya.
Maka sesuai,perjanjianUmar menunggang unta terlebih dahulu.Setelah beberapa jam.maka tibalah giliran pembantunya yang menunggang unta."Pembantuku,ayo,naiklah sekarang,karena sudah tiba giliranmu untuk menungganginya sekarang."
namun ternyata pembantunya menolak karena ia sangat segan dengan Umar,"apa kata penduduk Baitul Maqdis nanti ketika melihat khalifahnya berjalan sedang aku naik di atas unta."jawabnya.
Mendengar jawaban pembantunya itu,Umjar dengan tegas berkata"aku tak peduli dengan semua kejadian itu,yang terpenting sekarang giliranmu untuk naik,dan aku akan berjalan kaki,aku tak khawatir dengan kehoramatanku,sebab ini memang sudah perjanjian kita."
Sesampainya,di tujuan penduduk Baitul Maqdis sangat kagum dengan Umar,ia rela berjalan demi perjanjian dengan pembantunya.Dengan kejadian tersebut ternyata Umar semakin disegani oleh umatnya.
Sungguh,beliau benar-benar khalifah yang sangat adil,tegas,dan tidak pernah membedakan,derajat orang lain.Karena kita semua dihadapan Allah sama. Sumber:Hikayat Para kekasih Allah(A.Yusri.Elga)

Tidak ada komentar: